MPASI Perdana, mulai dengan buah atau sayur?

MPASI Perdana, Mulai dengan Buah atau Sayur dulu?

Salah satu fase yang ditunggu oleh orang tua saat punya anak adalah ketika si kecil sudah layak untuk diberikan makanan selain asi alias MPASI perdana ketika sudah memasuki usia 6 bulan. Mengapa saat usia 6 bulan?, ini karena saluran pencernaan anak sudah mulai siap menerima makanan lain selain ASI. Menurut dr. Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya mengatakan bahwa sejak usia 6 bulan, energy yang ada pada ASI hanya mencukupi 70% kebutuhan pada anak, sehingga 30% sisanya harus dipenuhi lewat MPASI. Sejak usia 9 bulan, energy yang tercukupi dari ASI hanya 50%,, sedangkan usia di atas satu tahun, kebutuhan yang tercukupi dari ASI hanya sebesar 30%.

Biasanya, para mommy akan bingung saat si kecil memasuki MPASI Perdana, mulai dengan buah atau sayur dulu? Lalu kemudian memutuskan untuk sibuk mencari di internet, bertanya pada teman yang sudah berpengalaman, atau membeli buku, dan sebagainya.

Sekarang mommy jangan bingung lagi,saat si kecil memasuki masa MPASI Perdana, Karena dibawah ini sudah ada jawaban dari Dokter Meta, yuk kita baca…

Dokter Meta menjawab bahwa bukan sayur atau buah yang baik untuk MPASI perdana si kecil, melainkan mommy bisa memulai dari makanan pokok atau staple food yang merupakan sumber energy dan paling hipoalergenik.

Nah, karena makanan pokok di Indonesia adalah beras, kita bisa memberikan beras sebagai menu MPASI perdana untuk si kecil. Mengapa harus beras?. Karena beras rendah kandungan zat besi, zinc, dan kalsium, dan sebaiknya beras dimakan dengan sumber makanan lain agar si kecil mendapatkan cukup nutrisi. Jangan lupa yaa, beras yang dimaksud tentulah harus diolah dulu sehingga menjadi bubur halus yang baik untuk si kecil.

Selain beras, bubur susu yang terfortifikasi pun dapat menjadi pilihan sebagai MPASI perdana si kecil,lho. Bubur susu tersebut dapat dikombinasi dengan sumber protein seperti ikan, daging, ati ayam, dan sebagainya bisa ditambahkan juga dengan puree sayur. Puree buah dapat diperkenalkan sebagai snack atau selingan.

 Tetapi, meskipun buah atau sayur bisa dijadikan snack atau makanan selingan bukan berarti posisi kedua bahan makanan ini dikesampingkan. Terutama dari segi kebersihannya. Sayur dan buah telah mengalami proses panjang sebelum sampai di tangan Mommy semua. Mereka memulai proses dari masa perawatan, panen, packing, lalu akhirnya didistribusikan dan sampai di tangan mommy.

Jadi sebaiknya, sebelum disajikan buah dan sayur harus dicuci bersih,atau misalnya seperti buah,bisa direndam dengan air garam terlebih dahulu. Akan jadi sangat percuma saja, bila semua bahan untuk MPASI sudah sangat bersih, namun bahan makanan pendukung alias sayur dan buah kurang bersih.

Nah, mommy sekarang sudah tau nih jawaban dari “MPASI Perdana mulai dengan sayur atau buah dulu sih?”.

Jangan lupa jugaa , untuk gunakan produk yang bisa memproses menu MPASI dengan cepat dan praktis, yakni produk dari Haezbaby.id. Masak MPASI untuk si kecil jadi lebih mudah dan menyenangkan.

 

Honey Butter Steamed Salmon

Honey Butter Steamed Salmon- menu MPASI HITZ ala
@haezbaby.id
Bahan bahan:
. Salmon Fillet
. 2 cm Jahe diiris tipis taruh di atas salmon
. 1 sdt air jeruk nipis
(secukupnya peras diatas salmon)
. 2 siung bawang putih ditumis bersama satu sdm butter
.  2 sdm kecap asin
. 1 sdm madu
.
Tata salmon Fillet di mangkuk @haezbaby.id .
Tuang bumbu bumbu yang sudah diaduk rata lalu
Steam selama 40 menit di mangkuk bawah?
.
Sajikan hangat dengan nasi putih dan sayuran segar

Kaldu Ayam

How to make “Kaldu Ayam” ala mommy Nesya?
cara CEPAT, MUDAH,dan HEMAT WAKTU ?
.
.
Alat: ESC from @haezbaby.id

Bahan :
– ayam kampung
– wortel
– bawang putih (digeprak)
– air
.
.
Cara Memasak :
~ ayam dicuci bersih
~ wortel dikupas dan dicuci bersih
~ bawang putih dikupas dan dicuci bersih, kemudian masukan semua bahan dalam wadah pengukus
~ tambahkan air kira-kira 350ml
~ tutup rapat wadahpengukus menggunakan penutup dari @haezbaby.id ESC masak dengan waktu 60menit
~ setelah 60 menit dan indikator tanda selesai memasak selesai
~ saring kaldu ayam pisahkan dari ayam,wortel dan bawang putih
~ kaldu ayam siap di gunakan untuk memasak bubur/pasta ?
.
.
Cara SIMPLE dan HEMAT WAKTU?
memasak kaldu ayam dengan @haezbaby.id ESC menghasilkan kaldu ayam yang GURIH,WANGI , LEZAT dan juga BERGIZI? ????
.
.
NB : sisa dari kaldu ayam dapat di masukan kedalam botol kaca ASI atau dalam plastik ASI kemudian simpan di dalam lemari es.

Kaldu ayam yang di simpan dalam lemari es hanya bisa bertahan 5-6 hari saja. .

Chicken Essence

Untuk resep yang satu ini sudah tidak perlu dijabarkan manfaat dan kegunaannya untuk tubuh ya, salah satu booster untuk anak anak maupun orang dewasa???
#mustsave
.
Chicken Essence for baby

Bahan bahan . 1/2 ekor Tulang ayam kampung . Air matang

Cara memasak . Cincang tulang ayam kampung sampai halus . Beri sedikit air –  remas remas . Saring lalu tekan tekan hingga saripati nya keluar . Tuang saripati nya ke dalam mangkuk @haezbaby.id . Beri sedikit air –  remas remas-ulang beberapa kali hingga dirasa saripati sudah keluar semua . Setting waktu selama 60 menit menggunakan @haezbaby.id . Sajikan hangat .
Haezbaby juga pernah bikin resep Saripati Daging Sapi, check resep nya di #haezbabyrecipes_saripati .
.

Bubur Madura

Bubur Manado a.k.a Tinutuan adalah salah satu alternative #menumpasi yang sarat kandungan gizinya✔️
.
Karena dibuat tidak hanya berbahan beras, namun juga aneka sayur, umbi, dan bahan lainnya, jadi sekali suap, semua yang bergizi masuk ??
.
Bubur Manado

500 ml air kaldu daging

100 ml air matang atau secukupnya tergantung bahan

50 ml beras pulen cuci bersih

1 batang jagung manis, ambil biji jagungnya saja

ubi jalar, potong dadu ukuran kecil

labu kuning, potong dadu ukuran kecil

beberapa lembar daun kangkung, daun bayam, kacang panjang cincang kasar

3 helai kemangi, ambil daunnya

1 buah daun salam

1/2 batang daun bawang, cincang kasar

1/2 batang serai

1/2 sdt garam (optional)
1/2 sdt Gula pasir (optional)
ikan tuna suwir

secukupnya ikan jambal asin kering (optional)
secukupnya sambal rica rica (optional)
Cara memasak
.
Tuang air dan air kaldu ke dalam mangkuk @haezbaby.id ,masukkan beras,ubi jalar serta labu kuning yang sudah dipotong kecil kecil,serai yang sudah dimemarkan,dan daun salam- aduk rata
.
Tunggu beras hingga melunak(kira kira 20 menit), kemudian masukkan pipilan biji jagung .

Masak hingga jagung,ubi jalar,dan labu kuning melunak serta tekstur beras sudah menjadi bubur (kira kira 50 menit)
.
Masukkan daun bayam,daun kangkung,kacang panjang, dan daun kemangi,masak hingga sayuran layu
.
Masukkan garam dan gula pasir, aduk hingga merata dan bubur matang
.
Sajikan bubur manado dengan tuna suwir,jambal asin kering,dan sambal rica rica
.
Sedap tiara tara?

Semur Daging

Semur tidak hanya dikenal sebagai makanan rumahan dengan citarasa manis dan gurih. Ternyata proses memasaknya juga sehat lho
.
Resep semur daging ini dimasak bersama bumbu-bumbu tradisional Indonesia yang akan meresap dengan baik ke proteinnya. Gaya masak seperti ini memungkinkan kita menghindari penggunaan minyak secara berlebihan
.

Yuk dicoba?

Semur Daging Lengkap

Courtesy of @dee_devina
Hasil: 5 porsi
.
Semur daging sapinya enakkk bangett, kuahnya lumayan mengental tapi ga bs sekental kalo kita masak pake kompor ya, Aku masak pake @haezbaby.id selama 100menit (potongan daging sapi tebal dan besar), kalo mau lebih lembek bisa smpe 120 menit. Bener bener ga mengubah rasa, ini sih yang paling penting buatku dan smua bumbunya menyerap ke daging
.

Ahhh aku bener sukaaa bangettt sama @haezbaby.id, beneran deh ini alat bagus bangett!!?? #honestreview

Oiya bs masak banyak juga ya, aku masak 1 resep dibawah ini ☺
.
Bahan
– 400gr daging sapi bagian sengkel, potong sesuai selera
– 3 cup air (pake cup @haezbaby.id), skitar 180ml
– 6-7 sdm kecap manis
– 1/2 sdm gula pasir
– 1 sdt garam
.
Bumbu Halus
– 10 butir bawang merah
– 7 siung bawang putih
– 7 buah kemiri
– 3 cabe merah keriting
– 3 cabe rawit merah
– 1 cm kunyit
– 1 sdt merica putih butiran
– 1 sdt merica hitam butiran
.
Bumbu Lainnya
– 2 lembar daun salam
– 5 lembar daun jeruk
– 1 buah serai
– 1 lembar kecil daun kunyit
– 3 buah kapulaga
– 1 buah bunga lawang
– 3 cm kayu manis
– 2 buah cengkeh
– Pala Bubuk secukupnya
– Garam Secukupnya
(berlanjut di postingan berikut nya ) .
#haezbabyrecipes
#haezbabytestimonials

Kefir Yoghurt

Mungkin bagi kebanyakan orang, Kefir cukup asing terdengar di telinga
Namun demikian kefir ternyata merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik bagi kesehatan
.
Hal ini diperoleh dari kandungan-kandungan mineral baik yang ada pada kefir itu sendiri
.
Apa itu kefir?
Kefir sendiri sebenarnya hampir mirip dengan yoghurt atau minuman probiotik yang dibuat dari bahan dasar susu dan difermentasikan
.
Namun demikian, secara alamiah manfaatnya diklaim jauh lebih baik daripada yoghurt, karena Kefir difermentasikan dengan menggunakan kurang lebih 60 jenis mikroba
.
Beberapa manfaat mengkonsumsi kefir ialah:
  ?menyehatkan organ pencernaan dan melancarkan proses perncernaan
. ?memperbaiki fungsi empedu dan pankreas
. ?anti kanker dan inflamasi
. ?mencegah radang paru paru
Dan masih banyak manfaat lain nya
.
Dengan @haezbaby.id yoghurt maker, Mommy bisa membuat susu kefir hanya dengan bahan susu segar dan bibit kefir
.
Baik bibit yoghurt dan kefir bisa dibeli melalui admin di 081214567825 Whatsapp
.
Penuhi kebutuhan kalsium Anda dengan sajian yoghurt sehat tanpa pengawet dari Haezbaby Yoghurt Maker
.

Anak Gtm? ini Tips Mujarabnya!!

“Adek susah sekali makannya, kalo ‘ga di lepeh ,dia tutup mulut, Saya takut dia kekurangan gizi?”
.
Tidak sedikit Ibu yang punya keluhan yang seperti ini ya, apalagi pada saat permulaan MPASI
.
Padahal, mennurut beberapa peneliti kesehatan bayi dan anak, sampai usia 1 tahun, tujuan pemberian MPASI bukan utk menggantikan ASI/susu formula, tapi sebagai “pendamping”
.
Simak penjelasannya yuk!
.
6-12 bulan : ASI/Sufor jadi sumber utama kalori bayi (75%)
.
12-24 bulan : ASI/Sufor memberi
50% dr kebutuhan total kalori bayi
 .
2-3 tahun : 80% – 90% kebutuhan kalori bayi didapatkan dr makanan lain selain dr ASI atau susu formula
.
Setelah disapih di usia >2 tahun, anak tidak wajib diberi susu lanjutan
.
Berapa banyak ASI yg dibutuhkan saat sudah mulai MPASI?
.
Kebutuhan ASI saat sudah MPASI akan berkurang
.
Kalau ditanya jumlahnya, ini tergantung pada berapa banyak kalori MPASI yg anak terima
.
Namun ada penelitian yg menyatakan :
 7 – 11 bulan : ± 875 ml ASI/hari.
 .
 11 – 16 bulan : ± 550ml ASI/hari.
 .
Jika bayi minum ASI kurang atau lebih dr jumlah di atas, Ibu tidak perlu cemas , yang terpenting bayi menunjukkan tanda kenyang & cukup ASI
 .
Lalu bagaimana jika anak selalu menolak MPASI?
.
Ada bayi yg menolak MPASI hingga usia 8-9 bulan, bahkan lebih, hal tersebut sangat lah wajar,selama berat badan anak tetap naik & pertumbuhan normal, berarti ASI atau sufor berikan yang Ibu berikan sudah memenuhi kebutuhannya
.
Note: Yang penting, tetaplah berusaha mengatur MPASI apa yg akan diberikan ke anak & kapan memberikannya. Urusan dimakan atau tidak adalah keputusan si kecil. Sebaiknya jangan pernah paksa anak makan ya moms
.
 Cermati: Ada anak yg suka makan sendiri (BLW), ada juga yg suka disuapin. Ada yg suka makanan hambar, ada yg suka dgn makanan yg berasa. Selalu kenalkan anak pada berbagai variasi & rasa makanan. Yakinlah, lama2 anak akan familiar dgn solid food
  • .

Semoga bermanfaat

Veggies Rice Butter

MENU MPASI FAVORITE!!
.
Semua jadi mudah sejak pake si mungil @haezbaby.id tinggal cemplungin semua bahan, lanjut nidurin si anak
.
Pas bangun, makanan udah siap, hangat dan bisa langsung makan  tanpa harus menunggu lama
 VEGGIE RICE BUTTER
ala Haezbaby Bear ESC
Bahan :
  •  Beras putih organic
  • Jagung (frozen)
  • Peas (frozen)
  • Udang
  • UB
  • Kaldu Ayam
  • Merica bubuk
.
Cara :
Masukkan smua bahan ke dalam mangkuk keramik @haezbaby.id
Nyalakan timer untuk memasak 2jam kedepan, masak selama 60menit
.
Finish
Sajikan hangat dan penuh cinta

How to use Haezbaby Bear ESC

Food processor Haezbaby MPASI

***Untuk banyak nya air di steamer bisa diisi 3-4 cup atau setinggi tonjolan

Saat proses memasak Anda bisa membuka tutup untuk menambahkan bahan  dan mencheck apakah tekstur dan hasil masakan sudah sesuai dengan keinginan